Rabu, 08 Mei 2019

Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Simpulan Dengan Notepad++

Beberapa hari yang kemudian aku sedang mengerjakan beberapa projects. Disela sela pekerjaan aku ingin sekali menginput data kurang lebih ada hingga 10.000 data yang akan diinput sekaligus secara bersamaan.

Didalam file yang akan diedit itu punya problem sepele. Yaitu hanya menambahkan tanda kutip didepan maupun dibelakang kalimat. Data yang ada kurang lebih 10.000 buah. Kalau kita mengeditnya satu persatu.

Kalian sanggup membayangkan betapa reportnya dan akan kehabisan waktu untuk memberi semua tanda petik didalam kata tersebut. Belum lagi jikalau ada salah satu kata yang tertinggal. Mau tidak mau kita pun harus jeli dan teliti untuk melihat manakah yang belum sempat terkena tanda petik tersebut.

Sudah terang waktu yang diharapkan sangat banyak sekali. Belum lagi mata yang pedih akhir terlalu fokus dengan objek pengerjaan data tersebut. Kemudian aku mencoba untuk mencari solusinya. Alhamdulillah karenanya dapat.

Dibeberapa blog yang aku baca. Bisa diatasi namun cara yang dibagikannya ialah dengan mengeditnya melalui hidangan column yang ada di notepad++ namun setelah dicoba rupanya hal tersebut hanya bekerja jikalau jumlah kalimat tersebut sama.

Sedangkan jikalau jumlah kalimat tidak sama maka secara otomatis akan kata akan terpotong sesuai row yang sejajar dengan kata yang paling panjang atau paling akhir. Hal ini tentu tidak berjalan sesuai cita-cita dan keinginan kemudian setelah mencari kesana kemari karenanya aku dapatkan. Jawabannya dengan sumbangan fungsi REGEX.

Mengganti huruf tanda kutip/petik pada awal dan diakhir kalimat secara otomatis.

Di notepad++ sendiri kalian sanggup memakai fitur find and replace kemudian memasukan fungsi REGEX untuk membantu pengerjaan kalian menjadi lebih mudah. Ada aneka macam fungsi REGEX yang sanggup kalian coba.

Bukan hanya mengganti format tanda petik saja. Menggantinya dengan huruf lain menyerupai garis. Tanda petik satu. Baris baru. Mereplace koma. Dan merubahnya dengan fungsi yang sesuai keinginan anda pun bisa.

Untuk dokumentasi lengkap mengenai fungsi REGEX di notepad++ ini kalian sanggup membacanya disini Notepad++ReGEX Documentation. Untuk fungsi lain yang kalian inginkan silahkan pahami terlebih dahulu line per line yang sudah dijelaskan pada dokumentasi aplikasi tersebut.

Oke setelah kita memahami pernyataan diatas. Sekarang kita akan masuk kedalam tutorial lengkapnya. Karena itu silahkan simak dengan seksama langkahnya berikut ini :

Cara menyisipkan tanda petik di depan dan dibelakang sebuah kata/kalimat 

1. Silahkan buka aplikasi notepad++ kalian bagi yang belum punya silahkan download dulu DISINI.
2. Langsung saja buka data yang ingin diletakan huruf equal sign ini.
3. Silahkan tekan CTRL+A pada keyboard.
4. Setelah semuanya terseleksi kini pergi ke hidangan search>>replace .

Beberapa hari yang kemudian aku sedang mengerjakan beberapa projects Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir Dengan Notepad++

5. Pastikan settingan nya sama dengan gambar dibawah ini. Lalu pada kolom findwhat isikan tanda (.+) Lalu pada kolom replace with: silahkan isi dengan tanda "\1"

Beberapa hari yang kemudian aku sedang mengerjakan beberapa projects Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir Dengan Notepad++

6. Jika semua settingan sudah benar. Kemudian tekan tombol replace all.

Beberapa hari yang kemudian aku sedang mengerjakan beberapa projects Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir Dengan Notepad++

Maka dalam sekejap semua eksklusif berubah sebelum kata dan sehabis kata sudah terisi dengan tanda ("). Tanpa ada cacat sekalipun semuanya tepat dari atas hingga kebawah

Demikianlah gosip yang sanggup aku sampaikan supaya artikel ini sanggup membantu sahabat sahabat semua yang mengalami kesulitan. Sekian dan terima kasih :D

0 komentar:

Posting Komentar