Senin, 29 April 2019

Solusi Sederhana Mengatasi Ip Conflict Pada Windows 7

Pesan ip address conflict with another system on the network ini seketika muncul sehabis beberapa waktu yang kemudian aku menjalankan modem untuk sanggup terkoneksi dengan internet. Kejadian ini memang sangatlah tidak mengenakkan dan untuk beberapa ketika aku harus disibukkan untuk mencari sendiri solusi pemecahannya tentunya dengan cara yang super autodidak.

Oleh para teknisi jaringan, kondisi ip address conflict with another system on the network diartikan sebagai kondisi dimana terdapat adanya kesamanaan alamat ip (internet protocol) antara dua komputer pada satu jaringan yang sama. Sedangkan kondisi normalnya yakni ip address tersebut bersifat unik untuk setiap komputer baik memakai modem atau pada area Wi-Fi. Contohnya sebagai berikut :
  • Client A terkoneksi dengan ip = 10.237.150.225
  • Client B terkoneksi dengan ip = 10.237.150.226
  • Client C terkoneksi dengan ip = 10.237.150.227
  • Dan seterusnya.
Kembali lagi ke topik pembahasan, disini aku memakai sebuah notebook dengan sistem operasi Windows 7 home basic dan sebuah modem Option icon dengan drivernya GlobeTrotter Connect. Beberapa cara aku coba untuk mengatasi permasalahan ip address conflict ini adalah :

1. Coba disconnect modem dan restart komputer/laptop yang anda gunakan, colokkan kembali modem kemudian connect kembali, namun kalau cara pertama ini belum menuntaskan duduk kasus silahkan lanjut dengan cara kedua.

2. Klik parameter koneksi internet yang terlihat pada icon try pojok kanan bawah dekstop › pilih Open  Network and sharing center 

ip address conflict with another system on the network SOLUSI SEDERHANA MENGATASI IP CONFLICT PADA WINDOWS 7

Jendela gres akan terbuka dan pilih Change adapter settings 

ip address conflict with another system on the network SOLUSI SEDERHANA MENGATASI IP CONFLICT PADA WINDOWS 7

Semua adapter yang pernah dipakai komputer akan terlihat, kemudian pilih koneksi modem yang mempunyai keterangan GlobeTrotter Connect (ini hanya teladan pada notebook saya, silahkan diubahsuaikan dengan koneksi yang anda gunakan) › klik kanan dan pilih disable

ip address conflict with another system on the network SOLUSI SEDERHANA MENGATASI IP CONFLICT PADA WINDOWS 7

Sesaat modem tidak akan berfungsi › Klik kanan sekali lagi pada adapter tadi kemudian pilih enable › Connect kembali modem.

Kedua langkah tersebut bekerjsama bertujuan semoga komputer mendapat alamat ip gres yang berbeda dengan sebelumnya sehingga konflik antar jaringan tidak terjadi lagi, bagi anda yang suatu ketika mengalami hal ini tidak ada salahnya untuk mencoba cara tersebut alasannya dari pengalaman aku permasalahan ip address conflict with another system on the network ini Alhamdulillah terselesaikan dan koneksi internet sanggup berjalan normal kembali. Untuk solusi lainnya, mungkin saja ada sahabat lain yang ingin menambahkannya ?

0 komentar:

Posting Komentar