Senin, 22 April 2019

Cara Menyatukan Format Teks Dan Tanggal Di Excel

Lama juga rasanya tidak menyebarkan tips excel melalui blog tercinta ini, nah kali ini aku akan membagikan sebuah tips Istimewa bagi para officer yaitu Cara menyatukan teks atau tulisan dan format tanggal dalam sebuah sel di Excel.

Awal ketertarikan aku yakni disaat mengerjakan sebuah pekerjaan yang menggunakan format penggabungan ini, memang awalnya terlihat sedikit rumit alasannya yakni referensi yang sangat minim akan tetapi dengan beberapa percobaan rumus risikonya tips inipun berhasil aku aplikasikan.

Baiklah kini kita mulai saja langkah-langkahnya, sebagai tahap awal yakni menciptakan beberapa sel yang akan dijadikan master (acuan) dimana nantinya data yang ada di dalamnya akan kita terjemahkan dan kita satukan menjadi sebuah teks. Untuk lebih memperjelas maksud saya, berikut ini aku tampilkan screen shootnya :

 Lama juga rasanya tidak menyebarkan tips excel melalui blog tercinta ini CARA MENYATUKAN FORMAT TEKS DAN TANGGAL DI EXCEL
 









Pada gambar tersebut di atas, sebagai contoh sederhananya aku hanya memakai dua sel saja sebagai master data yaitu sel D3 berisi daerah yaitu Mataram dan E3 yang berisi format tanggal, bulan dan tahun (pilihan ini sanggup anda temukan pada pilihan date di format cell). 

Secara umum rumus yang dipakai untuk menerjemahkan dan menggabungkan teks dan tanggal menjadi satu yakni memakai rumus berikut :

=TEXT(value; format_text)
Nah kini kita akan coba mengaplikasikan menggabungkan kedua data di dalam master tersebut menjadi satu pada sel yang lain, berikut yakni hasilnya :

 Lama juga rasanya tidak menyebarkan tips excel melalui blog tercinta ini CARA MENYATUKAN FORMAT TEKS DAN TANGGAL DI EXCEL












Sesuai dengan gambar di atas 
----Pada sel D6 rumus yang kita masukkan yakni : 

=D3&", "&TEXT(E3;"DDDD DD MMMM YYYY")
 hasinya akan menjadi : Mataram, Jumat 27 Februari 2015


----Pada sel D8 kita akan mencoba sedikit bereksperimen dengan menambahkan beberapa kata pada simpulan format yang ada, dengan rumus :

=D3&", "&TEXT(E3;"DDDD DD MMMM YYYY")&" Kami yang bertandatangan dibawah ini…..dst"
hasilnya akan menjadi : Mataram, Jumat 27 Februari 2015 Kami yang bertandatangan dibawah ini…..dst


----Kemudian pada sel D10 kita akan mencoba menambahkan kata-kata pribadi di depan rumus dengan format sebagai berikut : 

="Pada hari ini, "&TEXT(E3;"DDDD DD MMMM YYYY")&" Kami yang bertandatangan dibawah ini…..dst"
Hasilnya menjadi : Pada hari ini, Jumat 27 Februari 2015 Kami yang bertandatangan dibawah ini…..dst

 Keterangan rumus :
  • DDDD akan diterjemahkan utuh sesuai dengan hari riil pada format tanggal yang diisikan.
  • DD akan diterjemahkan menjadi tanggal (dua digit).
  • MMMM akan diterjemahkan menjadi nama bulan.
  • YYYY akan diterjemahkan menjadi tahun (emapat digit).
  • Perhatikan penggunaan tanda/symbol yang dipakai alasannya yakni kalau kurang atau salah penempatan maka rumus tidak akan berfungsi.
Silahkan berkreasi dengan tips ini, alasannya yakni aku yakin para officer yang bergelut dengan banyak sekali macam format laporan akan sangat membutuhkannya. Demikian cara yang aku gunakan untuk menyatukan atau menerjemahkan tanggal menjadi sebuah teks pada excel, supaya sanggup membantu.

0 komentar:

Posting Komentar