Jumat, 03 Mei 2019

Tips Membersihkan Layar Laptop Yang Baik/Benar

Mungkin bila mau jujur hal inilah yang sering dilewatkan oleh pemilik laptop ! yaitu membersihkan layar LCD (Liquid Crystal Display) laptop, yah...walaupun bersama-sama aktivitas ini tidak membutuhkan waktu yang usang dan biaya yang mahal. Terkesan remeh memang, akan tetapi bila tidak dirawat kepingan hardware perangkat yang satu ini lama-kelamaan sanggup menjadi kusam, kotor, timbul bercak dan akan menguragi kenyamanan anda ketika menggunakannya.

Untuk mempermudah anda ketika membersihkan layar laptop, ketika ini telah tersedia satu paket alat pembersih yang sangat gampang didapatkan pada toko-toko aksesoris komputer dan sejenisnya. Isi paket tersebut antara lain terdiri dari : satu botol kecil cairan cleaner, lap lembut berpori khusus dan sebuah kuas kecil dengan bulu yang halus. Dari aneka macam merek pilihlah yang kualitasnya anggun walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Bila semua peralatan telah tersedia, berikut ini ialah tips-tips membersihkan layar LCD laptop yang benar :


1. Perhatikan waktu pembersihan
Yang saya maksud dengan waktu disini ialah ketika ideal yang kita gunakan membersihkan layar, usahakanlah disaat membersihkan layar ini laptop dalam keadaan mati atau paling anggun sebelum digunakan. Hal ini untuk mengurangi resiko lonjakan listrik atau kerusakan layar yang permanen bila terkena cairan pembersih.

2. Bersihkan terlebih dahulu permukaan layar dengan kuas
Bila sudah usang tidak dibersihkan, sanggup dipastikan bila layar dipenuhi debu/pasir halus, gunakanlah kuas yang berbulu halus untuk tahap awal membersihkan layar. Jangan eksklusif memakai lap atau sejenisnya sebab hal ini sanggup menciptakan layar mempunyai resiko tergores.

3. Semprotkan cairan pembersih pada kain/lap
Sangat tidak dianjurkan menyemprotkan cairan pembersih eksklusif pada layar, hal ini untuk menjaga biar cairan tersebut tidak masuk pada sela-sela LCD dan casing. Semprotkanlah cairan pada lap pembersih sedikit demi sedikit, terlalu berair juga tidak baik.

4. Arah gerakan
Untuk hasil yang maksimal, arah gerakan ketika membersihkan laptop juga perlu diperhatikan. Gunakan gerakan satu arah misalkan dari atas ke bawah atau dari tepi kiri ke arah kanan. Hal ini sanggup dilakukan 2-3 kali hingga layar benar-benar dirasa bersih.

5. Jangan terlalu keras menggosokkan kain pada layar
Sebagaimana kita ketahui LCD laptop ialah kepingan yang sensitif terhadap tekanan, jangan terlalu berpengaruh menekan disaat membersihkannya perlahan saja yang penting kotoran sanggup terangkat.

6. Tunggu layar benar-benar kering gres laptop sanggup digunakan
Gunakanlah lap kering sebagai tahap simpulan pencucian dan mengangkat sisa-sisa kotoran/debu yang melekat pada layar. Saran saya tunggulah beberapa menit sebelum laptop digunakan, hal ini untuk menghindari bercak-bercak yang terlihat pada layar sebab sisa cairan belum benar-benar kering.

Untuk hasil yang lebih maksimal biar layar laptop tetap terlihat bersih, maka gunakanlah tips membersihkan layar LCD laptop tersebut secara bersiklus paling tidak satu atau dua ahad sekali.  

0 komentar:

Posting Komentar