Rabu, 01 Mei 2019

Kriteria Untuk Menciptakan Artikel Berkualitas

Tak terasa kita sudah memasuki bulan kedua di tahun 2014 ini, supaya apa yang menjadi cita-cita dan keinginan pembaca sanggup segera terwujud..amien. Berbicara ihwal kriteria artikel yang disukai oleh pencari informasi di internet (dunia maya) bekerjsama bukanlah hal yang sulit, kenapa demikian ? jawabannya yakni tergantung sejauh mana kualitas konten tersebut, dan hal ini pastilah kita amini bersama.

Tidak peduli dengan topik apa yang akan dibahas oleh sebuah blog atau website, alasannya masing-masing topik yang diangkat tentunya punya konsumen tersendiri. Makara apa yang coba kita bahas ini sifatnya umum dan bersifat fleksibel untuk diterapkan. 

Berikut ini yakni beberapa kriteria yang menciptakan sebuah artikel berkualitas dan disukai pengguna internet :


1. Menyajikan informasi yang padat
Padat sanggup berarti bahwa sebuah artikel sanggup memperlihatkan aneka macam tumpuan dan pengetahuan gres yang fresh bagi pembacanya, membahas secara detail dan lengkap serta mempunyai tingkat relevansi yang benar-benar akurat. Misalkan anda menciptakan review sebuah produk maka detailnya sanggup berupa : tipe dan tahun pembuatan, harga yang ditawarkan, kelebihan yang dimiliki, kekurangannya, produk sejenis dan tingkat kepuasan konsumen yang riil.

2. Dapat memperlihatkan solusi
Tidak usah mengambil teladan jauh-jauh, misalkan saja topik pembahasan mengenai sebuah tutorial Microsoft Word atau Excel. Sebagai penulis tentunya anda harus dituntut untuk benar-benar menguasai aneka macam turorial yang tersebut. Dapat dipastikan kalau pencari informasi jenis ini biasanya membutuhkan solusi yang cepat alasannya mengalami sebuah kesulitan. Oleh karenanya sangat disayangkan bila anda hanya menulis saja tanpa pernah mencoba langsung, hal ini biasanya terjadi pada blog yang asal copy-paste.

3.  Dapat dipertanggung jawabkan
Pada poin ini sumber yang dipakai sebagai bahan/referensi benar-benar sanggup untuk dibuktikan dan bukanlah rekayasa. Tujuan utamanya yakni untuk memperkuat iman pembaca pada goresan pena anda, bila hal ini memang sudah diterapkan maka bukan mustahil mereka akan menjadi pembaca setia yang loyal dan selalu menunggu setiap update goresan pena yang anda buat.

4. Praktis untuk difahami
Ini terkait dengan penggunaan tata kalimat yang baik dan selanjutnya lezat dibaca oleh pengunjung, sebagai penulis memang saya akui hal ini bukanlah kasus gampang alasannya membutuhkan proses latihan yang terus-menerus. Singkatnya seluruh pesan yang ingin disampaikan penulis pada  sebuah artikel haruslah sanggup tersampaikan dengan baik pada pembaca tanpa adanya penafsiran ganda.

5. Menggunakan ejaan baku
Walaupun tidak ada hukum yang mengharuskan seorang penulis untuk menciptakan goresan pena dengan memakai kaidah ejaan baku, namun alangkah baiknya bila sebuah artikel tetap memakai standar ini sebagai patokan. Alasannya alasannya pengguna internet tidak hanya berasal dari dalam negeri kita saja, apa jadinya bila artikel yang banyak memakai istilah-istilah aneh tersebut ditranslate..hehe tentunya jadinya akan menjadi hancur.

Demikianlah 5 poin penting yang berdasarkan pandangan subjektif saya merupakan kriteria yang benar-benar harus dipenuhi oleh seorang penulis ketika menciptakan sebuah artikel baik di blog ataupun website. Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui pembaca akan tetapi murni merupakan sebuah aliran dari seorang newbie. Bila ada rekan-rekan yang ingin menambahkan ! saya persilahkan untuk berkomentar. 

0 komentar:

Posting Komentar