Kamis, 25 April 2019

Tips Cepat Menguasai Microsoft Office

Postingan kali ini sama sekali tidak bermaksud untuk menggurui atau menyombongkan diri, akan tetapi sekedar membuatkan pengalaman kepada teman-teman yang gres saja mencar ilmu untuk biasa menguasai Microsoft Office dengan cepat ibarat : Ms. Word dan Excel, Power point, dll.

Beberapa tips yang sanggup sahabat coba menurut pengalaman saya mungkin juga sanggup pribadi untuk diterapkan :

1. Pengenalan dasar
Yang saya maksud dengan pengenalan dasar ialah anda sanggup mempelajari kumpulan teori yang ada pada salah satu agenda Microsoft Office yang ingin dikuasai, hal ini meliputi banyak sekali teknis operasional di dalamnya, sebagai pola kalau diilustrasikan pada pembelajaran Microsoft Word maka sanggup dimulai dengan : pengenalan shortcut dikala membuka program, memahami banyak sekali hidangan yang terdapat pada tab dan item-itemnya, cara mengetik dengan cepat, cara mengatur jenis aksara atau mengubah ukurannya, mengatur margin kertas, cara menciptakan ketikan rata kiri-kanan, menentukan jenis kertas dan hingga pada tahap final yaitu mencetak dokumen yang dibentuk (print). Untuk tujuan ini maka saya menyarankan untuk membeli salah satu buku panduan lengkap yang membahas salah satu Ms. Office yang akan dipelajari atau anda juga sanggup mencari rujukan mencar ilmu melalui blog atau website yang khusus membahas problem ini.

2. Praktik langsung 
Setelah banyak sekali teori dan panduan anda miliki, kini saatnya untuk mempraktikkannya secara langsung. Pada tahap ini anda sanggup juga meminta seseorang yang dianggap menguasai apa yang anda pelajari sebagai pembimbing sehingga kalau ada kesulitan yang ditemui maka semuanya akan cepat terpecahkan sehingga proses mencar ilmu tidak menjadi terhenti. Jangan ragu-ragu untuk bertanya, kritislah dalam hal ini.

3. Tanamkan rasa ingin tahu dan percaya diri yang kuat
Poin ini ialah hal utama yang harus kita miliki, saya rasa apapun yang akan kita pelajari akan membutuhkan proses yang usang kalau kita tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Demikian juga dengan keingin tahuan yang besar, ini ialah sebuah proses dari tahap pembelajaran yang dilalui. Logika sederhananya mungkin pada teori yang didapat untuk memcetak sebuah dokumen pada Ms. Word ialah dengan cara mengklik office button kemudian menentukan icon printer, tentunya rasa ingin tahu kita akan tertantang untuk bisa melaksanakan perintah tersebut dengan lebih cepat dan memang...hal tersebut sanggup terjawab dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+P pada keyboard.

4. Jangan bosan untuk mengulang
Rasa bosan memang sifatnya manusiawi, akan tetapi untuk sanggup menguasai salah satu agenda Microsoft Office silahkan buang jauh-jauh rasa tersebut. Tujuan pengulangan baik teori maupun praktik ialah sebagai pemantapan kemampuan dari apa yang telah kita peroleh selama ini. Karena yang namanya mencar ilmu memang sifatnya sedikit demi sedikit atau tidak instant.

5. Kembangkan sendiri kemampuan anda
Dari banyak sekali teori dan praktik yang anda lakukan tentunya pada tahapan ini anda sudah mempunyai sebuah dasar yang besar lengan berkuasa untuk menjadi mahir. Rajin berlatih dan terus berusaha untuk memahami detail dari sebuah agenda ialah cara mengembangkan kemampuan yang sangat efektif, jangan cepat puas dengan apa yang anda miliki kini alasannya ialah sifat ilmu yang akan terus berkembang mengikuti waktu dan kebutuhan.

Saya rasa inilah poin-poin penting yang sanggup menjadi tips cepat bagi anda yang ingin menguasai salah satu agenda dari Microsoft Office. Walaupun terkesan autodidak akan tetapi kalau dijalakan dengan sungguh-sungguh akibatnya tidak akan kalah dengan rekan-rekan yang mencar ilmu melalui jalur kursus. 

Pada prinsipnya proses mencar ilmu tidak pernah mengenal kata berhenti, kalau kita mempunyai sebuah kemampuan alangkah senangnya untuk membuatkan demikian pula kalau kita tidak bisa melaksanakan sesuatu maka bertanya pada yang lebih tahu ialah solusinya. Akhir kata supaya goresan pena singkat ini sanggup bermanfaat bagi para officer.

0 komentar:

Posting Komentar