Rabu, 24 April 2019

Langkah-Langkah Kalibrasi Baterai Laptop

Sebagaimana kita ketahui baterai pada laptop atau notebook merupakan salah satu hardware (perangkat keras) utama yang mempunyai fungsi sangat vital untuk menyuplai dan menyimpan energi listrik sehingga laptop tetap sanggup dihidupkan walaupun dalam keadaan tidak tercarge.

Nah kini coba perhatikan baik-baik performa baterai laptop anda ketika digunakan, apakah ketika ini kondisinya masih normal (rata-rata 4 jam waktu pemakaian tanpa terhubung arus listrik) atau coba cermati berapa usang waktu yang diharapkan untuk mencarge baterai hingga benar-benar terisi penuh 100 %. Saya rasa jawabannya akan sangat bervariasi bukan?

Untuk tujuan mengetahui performa baterai laptop tersebut maka setiap 30 kali melaksanakan carge maka kita dianjurkan untuk melaksanakan proses kalibrasi. Proses ini sendiri merupakan sebuah siklus pengisian penuh diikuti dengan pengosongan baterai hingga benar-benar habis dan pengisian penuh (carge) kembali hingga pada level 100 %.

Pada sistem operasi Windows, langkah-langkah untuk kalibrasi baterai laptop/notebook ialah sebagai berikut :

1. Silahkan carge baterai menyerupai biasa hingga 100 % atau penuh.

2. Sambil menunggu proses carge baterai penuh, lakukan setting sebagai berikut :

  • Masuk ke Control Panel
  • Pilih Hardware and Sound ›› Power Options ›› Pada select a power plan (saya memakai Balanced) pilih Change Plan Settings menyerupai yang terlihat pada gambar berikut :
 
 Sebagaimana kita ketahui baterai pada laptop atau notebook merupakan salah satu hardware  LANGKAH-LANGKAH KALIBRASI BATERAI LAPTOP

  • Pada Change settings for the plan : Balanced ›› pilih Change advanced power settings, sehabis itu kita akan disuguhkan tampilan pengaturan menyerupai gambar berikut :

 Sebagaimana kita ketahui baterai pada laptop atau notebook merupakan salah satu hardware  LANGKAH-LANGKAH KALIBRASI BATERAI LAPTOP
  • Kemudian scrool ke bawah dan klik pilihan Baterry, settingnya ialah sebagai berikut :
Pada Critical battery action ›› On battery ubah menjadi Hibernate
Pada Critical battery level ›› On battery ganti nilainya menjadi 5 % kemudian klik Apply kemudian OK
3. Sekarang perhatikan indikator pengisian baterai, jikalau sudah penuh atau mencapai 100 %, cabut adaptor carger. Anda tetap sanggup memakai laptop sehabis tahap ini hingga laptop masuk ke status hibernasi sesuai dengan pengaturan pada langkah sebelumnya.
4. Setelah masuk pada status hibernate, biarkan laptop melaksanakan pengosongan baterai dan jangan melaksanakan apa-apa hingga kondisinya benar-benar mati (shut down sendiri).
5. Tunggu sekitar 5 jam atau lebih semoga suhu laptop benar-benar hambar dan barulah carge kembali laptop anda hingga penuh 100 %.
Sebagaimana kita bahas diawal tadi bahwa proses kalibrasi baterai ini bukanlah sebuah perjuangan untuk memperpanjang umur baterai melainkan untuk mengetahui performa (waktu sebenarnya)  dalam menyuplai sumber daya semoga laptop tetap hidup atau seberapa usang waktu yang diharapkan dalam sekali pengisian penuh.

Bila kondisinya sudah benar-benar sudah drop, maka bersiap-siaplah untuk menyisihkan budget untuk membeli baterai baru. Semoga goresan pena ini sanggup sedikit membantu.

0 komentar:

Posting Komentar