Minggu, 28 April 2019

Cara Menciptakan Pengantar Surat Rapi Di Word

Bila diperhatikan dengan seksama setiap surat resmi yang berasal dari sebuah instansi pastilah mempunyai pengantar di awal halamannya. Pengantar tersebut sekaligus untuk menawarkan identitas surat ibarat : penomoran, perihal, lampiran dan tujuan penerima.

Kesulitan yang sering dialami pembuat dokumen di word yakni cara menciptakan pengantar surat tersebut terlihat rapi dan gampang diatur. Sebenarnya hal tersebut bukanlah hal sulit, sebab trik yang akan kita bahas ini nantinya akan sangat gampang untuk diaplikasikan.

Baiklah kita akan memulainya dengan langkah-langkah berikut :

  1. Bukalah sebuah lembaran kosong pada Microsoft Word.
  2. Pastikan kursor mouse berada pada awal halaman.
  3. Klik sajian Insert kemudian pilih Table, pilih 5 kolom dan 3 baris atau diadaptasi dengan kebutuhan.
  4. Tulislah pengantar surat sesuai dengan format instansi atau perintah atasan anda, hehe...berikut ini misalnya :
 Bila diperhatikan dengan seksama setiap  CARA MEMBUAT PENGANTAR SURAT RAPI DI WORD

Sekarang sobat tentunya sudah mengerti mengapa aku meminta untuk mengunakan kemudahan Table hingga 5 lajur. Terlihat bahwa tanda titik dua berada pada satu kolom tersendiri demikian juga dengan goresan pena Yth. yang sanggup anda blok kemudian gunakan pilihan Align text right (Ctrl+R) supaya menjadi lebih rapat dengan ketikan di kolom terakhir.
  
5. Agar garis-garis tersebut tidak tampak pada dikala dokumen dicetak, bloklah keseluruhan kolom kemudian klik tanda panah kecil pada sub sajian all border kemudian pilihlah no border, prosesnya terlihat pada gambar berikut :

 Bila diperhatikan dengan seksama setiap  CARA MEMBUAT PENGANTAR SURAT RAPI DI WORD

Dengan cara ini kini pengantar surat yang kita buat di Word terlihat tanpa garis border (table), menjadi rapi dan siap untuk diprint. Trik yang sama juga sanggup dipakai pada dikala anda membuat nama penanda tangan dokumen pada sebuah surat, yang telah aku tulis pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar